Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W), Merupakan salah satu lembaga yang ditujukan untuk memberikan Anda informasi tentang sumber daya wilayah di Indonesia yang masih di bawah dieksploitasi dan belum dipahami dengan jelas.Dengan tujuan :

1. Sebagai wadah IPB untuk pengembangan ilmu dan kepakaran dalam bidang pengkajian, perencanaan dan pengembangan wilayah.
2. Sebagai wadah IPB untuk pengembangan jaringan kemitraan dalam bidang pengkajian, perencanaan dan pengembangan wilayah.
3. Sebagai pusat sinergi kiprah para pakar bidang kewilayahan dalam pembangunan dengan perspektif pemberdayaan masyarakat dan sumberdaya lokal secara spasial terintegrasi, berkeadilan dan berkelanjutan.

P4W IPB telah membentuk Forum Studi Jabodetabek sejak tahun 2001. Forum studi ini telah melakukan konferensi internasional dua tahunan tentang isu-isu megacity Jakarta serta pada urbanisasi dan hubungan perkotaan-pedesaan di negara-negara Asia. CRESTPENT bekerja sama dengan RIHN Jepang akan menyelenggarakan The 5th International Conference of Jabodetabek Study Forum dengan tema "Sustainable Megacities: Vulnerability, Diversity and Livability" yang akan dilaksanakan pada 16-18 Maret 2015 di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Indonesia. 

Info lengkapnya dapat dikunjungi di website : http://p4w-ipb.com/jabodetabek2015/