Archiectur UI Fair 2016 merupakan kegiatan mahasiswa Universitas Indonesia yang tahun ini bekerjasama dgn Galeri Nasional serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta merupakan rangkaian perayaan 50 tahun Arsitektur Universitas Indonesia. AFAIR UI 2016 menjadi sebuah medium ekspresi bagi mahasiswa Arsitektur UI untuk menunjukkan eksistensi dan karyanya sekaligus menyampaikan pandangan yang bermanfaat bagi masyarakat

Sayembara I-shelter merupakan salah satu rangkaian acara Afair UI 2016 dimana dalam sayembara ini setiap team .diharapkan mampu mendesain sebuah ruang yang dirancang untuk bertahan hidup (survive). I-Shelter tersebut diharapkan dapat merespon bagaimana alam bekerja dgn cara memahami kondisi alam sekitar. Melalui pemanfaatan sumberdaya yg tersedia secara tepat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia salah satunya rasa aman untuk mempertahankan hidup melalui sebuah konsep desain.

Grow with natur merupakan sebuah desain shelter yg pembangunannya mengikuti perkembangan alam dan juga kebutuhan manusianya. Desain shelter yg sederhana memungkinkan surviver yang memiliki keterbatasan waktu, tenaga, sumberdaya, dan peralatan, dapat membangun shelter ini dalam waktu sesingkat mungkin.
Material yang digunakan merupakan bahan2 yg berasal dari alam. Bahan-bahan tersebut tidak membutuhkan proses pengolahan yang rumit. Untuk pengawetannya hanya mengandalkan sinar matahari. Oleh karena itu walaupun memiliki bentuk sederhana, shelter ini sudah mampu memenuhi kebutuhan fisiologis manusia dan juga kebutuhan akan rasa aman.

Ismi Zainati Asmarani dan Restu Putu Darmawan (ARL 49) meraih Juara II dalam kompetisi desain i-shelter dan juara favorit dalam #AFAIRUI2016

ditulisulang oleh dewi arl49