Kerja sama dalam bidang akademik, penelitian, maupun pengabdia pada msyarakat dilakukan dengan cara pengintegerasian pada program multistrata dan multi disiplin. Kerjasama dalam bidang akademik meliputi kegiatan pertukaran dan studi banding mahasiswa dan dosen, undangan sebagai dosen tamu, workshop, dan seminar internasional. Kerjasama dalam bidang perencanaan, desain, dan pengelolaan lanskap mencakupi kegiatan dalam berbagai skala, tujuan serta lingkup kegiatan wilayah.

Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah perencanaan, desain, dan pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH), lanskap kota, kawasan wisata (wisata agro, ekowisata, wisata budaya/sejarah), pelestarian kawasan bidaya/sejarah, harmonisasi lanskap desa-kota, kawasan-kawasan khusus, dan lainnya.

Kerjasama tersebut antara lain dilakukan dengan:

  • Lembaga pemerintahan dan pemerintah daerah (Kementerian, Pemda, BAPPEDA, Dinas, BPLH/D)
  • Lembaga swasta
  • Lembaga Swadaya Masyarakat
  • Perguruan Tinggi daalam dan luar negeri (Universitas Putra malaysia, Chiba University, Tokyo University, Seoul Nat'l University, dsb)
  • Organisasi profesi (International Federation of Landscape Architect/IFLA, Ikatan arsitek Lanskap Indonesia/IALI, Jaringan Karbon Indonesia/JAKI, Forum pendidikan Arsitektur Lanskap Indonesia/FPALI, dsb.)