Blog

WhatsApp Image 2021-04-29 at 13.10.09

World Landscape Architecture Month 2021

Academic / Event / News

World Landscape Architecture Month 2021

Peserta Opening Virtual Exhibition WLAM 2021

World Landscape Architecture Month (WLAM) adalah bulan memperingati dan merayakan profesi arsitek lanskap sedunia. WLAM diinisiasi oleh American Society of Landscape Architecture (ASLA) bekerja sama dengan International Federation of Landscape Architect (IFLA) pada tahun 2015. Perayaan dilakukan pada bulan April selama sebulan penuh melalui berbagai event yang berkaitan dengan arsitektur lanskap. Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanksap (HIMASKAP) IPB ikut merayakan WLAM ini setiap tahunnya.

Kondisi pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat mahasiswa arsitektur lanskap IPB untuk merayakan WLAM tahun ini. Perayaan WLAM 2021 dengan tema “From Pandemic to Landscape” memiliki berbagai kegiatan. Terdapat funfact berkaitan dengan arsitektur lanskap yang disebarkan melalui story instagram HIMASKAP pada tanggal 1-30 April 2021. Lalu terdapat virtual exhibition dengan tema berbeda dan berbagai macam challenge yang tentunya berkaitan dengan arsitektur lanskap.

Pada hari Minggu, 18 April 2021 telah diadakan pembukaan virtual exhibition pertama dengan tema “History of Landscape Architecture” melalui video conference. Acara di awali dengan sambutan ketua pelaksana oleh Fathimah Zahra, dilanjutkan dengan sambutan ketua HIMASKAP oleh Azis Machpudin dan sambutan ketua departemen arsitektur lanskap oleh Dr. Akhmad Arifin Hadi, SP., MALA. Kegiatan selanjutnya adalah tour virtual exhibition menyaksikan kilas balik sejarah perkembangan arsitektur lanskap dari masa prasejarah sampai saat ini yang dipandu oleh tour guide dari panitia pelaksana. Kegiatan ditutup dengan kuis mengenai materi yang berkaitan dengan virtual exhibition.

Setelah virtual exhibition yang pertama, masih ada dua virtual exhibition dengan tema berbeda yang akan dibuka secara bertahap. Virtual exhibition kedua memiliki tema “Before-After” yang menceritakan perkembangan lanskap yang terkena bencana hingga dapat bangkit menjadi lanskap yang lebih baik dari sebelumnya. Virtual exhibition tema kedua bertujuan untuk memberikan sudut pandang baru kepada pengunjungnya bahwa ada harapan akan kehidupan yang lebih baik setelah pandemi  ini berakhir, oleh karena itu janganlah menyerah dengan kondisi saat ini dan terus berjuang dengan sebaik mungkin. Virtual exhibition tema kedua akan dibuka pada hari Rabu, 21 April 2021.

Virtual exhibition ketiga memiliki tema “Challenge WLAM 2021”, di dalamnya terdapat karya-karya video, fotografi, dan infografis dari  peserta challenge WLAM 2021. Pada akhir virtual exhibition ini terdapat link voting  untuk memilih karya-karya yang akan  menjadi pemenang kategori favorit. Virtual exhibition tema ketiga akan dibuka pada hari Minggu, 25 April 2021.

Virtual exhibiton pertama, kedua dan ketiga dapat diakses melalui ipb.link/vewlam2021. Virtual exhibition ini juga tersedia dalam bentuk video yang akan diupload di akun youtube dan instagram HIMASKAP.

Virtual Exhibition

Rangkaian perayaan diakhiri dengan closing WLAM 2021yang disertai webinar dengan tema “Proud to be a Landscape Architect” melalui video conference. Pada kegiatan closing WLAM 2021 ini terdapat dua materi, yaitu making impacts with landscape architecture dan  what’s next for landscape architect. Kegiatan akan diakhiri dengan pengumuman pemenang challenge WLAM 2021 beserta pemberian hadiah. Closing WLAM 2021 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Mei 2021.

Rangkaian perayaan WLAM 2021 yang diadakan selama sebulan penuh ini merupakan penerapan dari poin ke empat SDGs yaitu quality education. Diharapkan setelah mengikuti serangkaian kegiatan ini peserta mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam dan luas tentang arsitektur lanskap.

Leave your thought here

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping